dean

Senin, 30 Januari 2012

Definisi Bimbingan Menurut Para Ahli

1) Bimbingan membantu individu untuk lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya sendiri (Chiskolm,1959).

2) Bimbingan Merupakan proses bantuan terhadap individu untuk mencapai
pemahaman diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimum di sekolah, keluarga dan masyarakat. (Miller)

3) Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada individu untuk dapat
memilih,mempersiapkan diri dan memangku suatu jabatan dan mendapatkemajuan dalam jabatan yang dipilihnya” (Frank Parson ,1951).

4) Bimbingan merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan realisasi pribadi setiap individu (Bernard & Fullmer ,1969).

5) Bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan yang terus menerus dan sistematis kepada individu dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, agar tercapai kemampuan
untuk dapat memahami dirinya (self understanding), kemampuan untuk menerima dirinya (self acceptance), kemampuan untuk mengarahkan dirinya (self direction) dan kemampuan untuk merealisasikan dirinya (self realization) sesuai dengan potensi atau kemampuannya dalam mencapai penyesuaian diri dengan lingkungan, baik keluarga, sekolah dan masyarakat. (Djumhur
dan Moh. Surya)

6) Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada sirwa dalam rangka upaya menentukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan. (PP No. 28/1990 tentang Pendidikan Dasar, Bab X, Pasal 25 Ayat 1)

sumber :
http://dexa.mywapblog.com/definisi-bimbingan-menurut-paraahli.xhtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar