dean

Selasa, 28 Februari 2012

CONTOH SATLAN


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A. Topik Bahasan  : Pengenalan BK/Orientasi BK
B. Bidang Bimbingan  : Bimbingan Pribadi
C. Jenis Layanan   : Layanan Orientasi
D. Fungsi Layanan   : Pemahaman
E. Tujuan Layanan  : Siswa Memahami BK
F. Sasaran Layaan   : Siswa Kelas XI IA 2 SMA Negeri 1 SungaiPenuh 
G Uraian kegiatan dan 
  Materi Layanan  : 
1.  Membuka Kegiatan
2.  Menjelaskan pengertian, tujuan, waktu, azas-azas, bentuk layanan dan tenaga
pelaksana BK.
3.  Membuka kesempatan tanya jawab 
4.  Menutup Kegiatan
H.  Metode  : Ceramah, diskusi dan tanya jawab
I.   Tempat 
    Penyelenggaraan   : Di ruang kelas XI IA 2
J.   Waktu,Tgl, Semester : 5 Agustus 2007 Semester 1 (satu) 
K.  Penyelenggara 
    Layanan   : Konselor  Sekolah
L.  Pihak-pihak  yang  disertakan  dalam  penyelenggaraan  layanan  dan  peran  masing-masing : -
M.  Alat dan perlengkapan yang digunakan : White board, spidol dan makalah 
N.  Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan : Laiseg, Laijapen, dan Laijapang. 
O.  Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung : 
1.  Sebagai  titik  tolak  pelaksanaan  layanan  BK,  selanjutnya  sesuai      dengan  jenis
layanan yang ada.
2.  Sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam layanan konseling perorangan. 
P.  Catatan Khusus   :  Siswa  memiliki  persepsi  yang  positif  terhadap  keberadaan  BK  di
Sekolah. 


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING


A. Topik Permasalahan  : Sesuai dengan permasalahan kelompok
B. Bidang Bimbingan  : Bimbingan Pribadi dan sosial
C. Jenis Layanan   : Layanan konseling kelompok
D. Fungsi Layanan   : Pengentasan dan pengembangan.
E. Tujuan Layanan  : Memandirikan anggota kelompok
F. sasaran Layaan   : Kelompok  I  (12 orang)
G Uraian kegiatan dan 
  Materi Layanan  : 
1.  Tahap Pembentukan
2.  Tahap Peralihan
3.  Tahap Kegiatan
4.  Tahap Pengakhiran
H. Metode  : Pemanfaatan dinamika kelompok
I.  Tempat 
  Penyelenggaraan   : Di ruang BK
J. Waktu,Tgl, Semester  : 21 September 2007  Semester 1 (satu) 
K  Penyelenggara 
  Layanan   : Konselor Sekolah
L. Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peran masing-masing : Tidak ada 
M. Alat dan perlengkapan yang digunakan : Kursi dan Ruangan Belajar
N. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan : Dalam proses dan setelah konseling
kelompok.  
O. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung : 
AUM Umum dan AUM PTSDL
P. Catatan Khusus         :    1.   Pertemuan dilaksanakan sesuai dengan  kesepakatan
kelompok. 
    2.   Minta izin kepada Wakasek Bid. Kesiswaan

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING


A. Topik Permasalahan  : Topik Bebas
B. Bidang Bimbingan  : Bimbingan Pribadi dan sosial
C. Jenis Layanan   : Layanan bimbingan kelompok
D. Fungsi Layanan   : Pemeliharaan, pengembangan,dan pencegahan
E. Tujuan Layanan  : Menambah cakrawala berpikir siswa tentang topik yang
dibahas.
F. sasaran Layaan   : Kelompok  II  (12 orang)
G Uraian kegiatan dan 
  Materi Layanan  : 
1.  Tahap Pembentukan
2.  Tahap Peralihan
3.  Tahap Kegiatan
4.  Tahap Pengakhiran
H. Metode  : Pemanfaatan dinamika kelompok
I.  Tempat   Penyelenggaraan   : Di ruang BK
J. Waktu,Tgl, Semester  : 17  November 2007   Semester 1 (satu) 
K  Penyelenggara  Layanan   : Konselor Sekolah
L. Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peran masing-masing : Tidak ada 
M. Alat dan perlengkapan yang digunakan : Kursi dan Ruangan Belajar
N. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan : Dalam proses dan setelah bimbingan
kelompok.  
O. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung : 
Data Sosiometri
P. Catatan Khusus         :  
 1.   Pertemuan dilaksanakan sesuai dengan  kesepakatan
         kelompok. 
  2.   Minta izin kepada Wakasek Bid. Kesiswaan


 SUNBER :
http://konselingindonesia.com/Download/Satuan_layanan.pdf

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar