SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik Bahasan : Pengenalan BK/Orientasi BK
B. Bidang Bimbingan : Bimbingan Pribadi
C. Jenis Layanan : Layanan Orientasi
D. Fungsi Layanan : Pemahaman
E. Tujuan Layanan : Siswa Memahami BK
F. Sasaran Layaan : Siswa Kelas XI IA 2 SMA Negeri 1 SungaiPenuh
G Uraian kegiatan dan
Materi Layanan :
1. Membuka Kegiatan
2. Menjelaskan pengertian, tujuan, waktu, azas-azas, bentuk layanan dan tenaga
pelaksana BK.
3. Membuka kesempatan tanya jawab
4. Menutup Kegiatan
H. Metode : Ceramah, diskusi dan tanya jawab
I. Tempat
Penyelenggaraan : Di ruang kelas XI IA 2
J. Waktu,Tgl, Semester : 5 Agustus 2007 Semester 1 (satu)
K. Penyelenggara
Layanan : Konselor Sekolah
L. Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peran masing-masing : -
M. Alat dan perlengkapan yang digunakan : White board, spidol dan makalah
N. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan : Laiseg, Laijapen, dan Laijapang.
O. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung :
1. Sebagai titik tolak pelaksanaan layanan BK, selanjutnya sesuai dengan jenis
layanan yang ada.
2. Sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam layanan konseling perorangan.
P. Catatan Khusus : Siswa memiliki persepsi yang positif terhadap keberadaan BK di
Sekolah.
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik Permasalahan : Sesuai dengan permasalahan kelompok
B. Bidang Bimbingan : Bimbingan Pribadi dan sosial
C. Jenis Layanan : Layanan konseling kelompok
D. Fungsi Layanan : Pengentasan dan pengembangan.
E. Tujuan Layanan : Memandirikan anggota kelompok
F. sasaran Layaan : Kelompok I (12 orang)
G Uraian kegiatan dan
Materi Layanan :
1. Tahap Pembentukan
2. Tahap Peralihan
3. Tahap Kegiatan
4. Tahap Pengakhiran
H. Metode : Pemanfaatan dinamika kelompok
I. Tempat
Penyelenggaraan : Di ruang BK
J. Waktu,Tgl, Semester : 21 September 2007 Semester 1 (satu)
K Penyelenggara
Layanan : Konselor Sekolah
L. Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peran masing-masing : Tidak ada
M. Alat dan perlengkapan yang digunakan : Kursi dan Ruangan Belajar
N. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan : Dalam proses dan setelah konseling
kelompok.
O. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung :
AUM Umum dan AUM PTSDL
P. Catatan Khusus : 1. Pertemuan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan
kelompok.
2. Minta izin kepada Wakasek Bid. Kesiswaan
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik Permasalahan : Topik Bebas
B. Bidang Bimbingan : Bimbingan Pribadi dan sosial
C. Jenis Layanan : Layanan bimbingan kelompok
D. Fungsi Layanan : Pemeliharaan, pengembangan,dan pencegahan
E. Tujuan Layanan : Menambah cakrawala berpikir siswa tentang topik yang
dibahas.
F. sasaran Layaan : Kelompok II (12 orang)
G Uraian kegiatan dan
Materi Layanan :
1. Tahap Pembentukan
2. Tahap Peralihan
3. Tahap Kegiatan
4. Tahap Pengakhiran
H. Metode : Pemanfaatan dinamika kelompok
I. Tempat Penyelenggaraan : Di ruang BK
J. Waktu,Tgl, Semester : 17 November 2007 Semester 1 (satu)
K Penyelenggara Layanan : Konselor Sekolah
L. Pihak-pihak yang disertakan dalam penyelenggaraan layanan dan peran masing-masing : Tidak ada
M. Alat dan perlengkapan yang digunakan : Kursi dan Ruangan Belajar
N. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan : Dalam proses dan setelah bimbingan
kelompok.
O. Keterkaitan layanan ini dengan layanan/kegiatan pendukung :
Data Sosiometri
P. Catatan Khusus :
1. Pertemuan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan
kelompok.
2. Minta izin kepada Wakasek Bid. Kesiswaan
SUNBER :
http://konselingindonesia.com/Download/Satuan_layanan.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar